Dibuang Sayang, Story, Story, Write

Berkunjung ke Korea Selatan

(Pernah diikutkan dalam Lomba Esai Discover Korea)

 

Korea Selatan merupakan negara dengan keindahan alam dan budaya yang patut untuk dikunjungi. Dengan adanya hallyu wave, gelombang Korea yang sedang melanda Indonesia melalui musik dan dramanya, banyak hal menarik yang perlu dikenal dari negeri ginseng ini. Salah satu negara di Asia Timur dengan empat musim ini menawarkan kekhasan dalam kuliner, fashion, teknologi, dan dunia hiburannya.

Saya adalah seorang K-Poper (penggemar lagu-lagu pop Korea) yang tentu saja menginginkan kesempatan untuk berkunjung ke negeri Super Junior ini. Ada beberapa tempat menarik yang sangat mencuri perhatian saya. Salah satunya adalah gunung Seorak. Gunung yang dialiri oleh sungai terpanjang di Korea ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Jika beruntung mendatangi gunung ini di musim dingin (winter), pengunjung akan dimanjakan dengan butiran salju yang bertahan lama di gunung Seorak, sesuai dengan namanya (Seorak = salju). Tentu saja, untuk mengunjungi tempat seperti ini perlu memakai pakaian tebal berlapis-lapis, apalagi untuk orang yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Pemerintah Korea Selatan menetapkan gunung ini sebagai cagar alam dan taman nasional (Seorak National Park). Jika beruntung memasuki taman nasional, pengunjung akan menemukan beberapa spesies yang jarang ditemukan. Gunung Seorak kental dengan etnik Buddha. Gunung ini memiliki jalur pendakian dengan 800 anak tangga dan terdapat kuil Buddha. Membayangkan 800 anak tangga saja sudah membuat saya lelah, apalagi harus mendakinya. Saya akan lebih memilih menggunakan fasilitas kereta gantung untuk melihat kuil Buddha tersebut. Di pintu masuk Taman Nasional juga terdapat patung Buddha yang ukurannya besar. Objek wisata lain yang terdapat di gunung Seorak ini antara lain adalah air terjun Yukdam dan Biryeong, serta Ulsanbawi (batu Ulsan) dan Handeulbawi (batu Handeul).

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Korea tanpa mencicipi kulinernya. Salah satu makanan yang terkenal di Korea Selatan adalah kimchi. Kimchi merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi sayuran (biasanya sawi putih dan lobak). Tradisi pembuatan kimchi di Korea disebut dengan kimjang. Hampir di setiap acara Korea menampilkan pembuatan kimchi. Pada suatu acara reality show, saya pernah melihat proses pembuatan kimchi yang begitu menarik. Pembuatan kimchi memerlukan tenaga banyak orang karena biasanya sayuran yang akan diolah pun tidak sedikit. Kimjang biasanya berlangsung dalam satu keluarga setelah panen sawi putih sehingga keluarga tersebut beramai-ramai mengolah sawi putih dalam jumlah banyak dan mengawetkannya. Kimchi yang sudah jadi kemudian disimpan dalam lemari es khusus kimchi dan aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Berbicara mengenai manfaat, tentu saja kimchi merupakan makanan yang sehat. Menurut majalah Health magazine, kimchi adalah salah satu dari lima makanan tersehat. Sebut sajalah bakteri fermentasinya (lactobacillus) yang lebih banyak daripada yogurt sehingga baik untuk pencernaan.

Banyak sekali wisata alam dan budaya yang ditawarkan di Korea Selatan. Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke sana selama tiga hari dua malam, maka saya berharap dapat mengunjungi gunung Seorak dan merasakan sendiri tradisi kimjang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s