Kelas Inspirasi Bondowoso #2 Day 1

RELAWAN KI BONDOWOSO #2 20160301_005025

Tidak pernah terbersit sekalipun untuk ikut dalam kegiatan Kelas Inspirasi. Kegiatan pemuda-pemudi menjadi pengajar akhir-akhir ini memang sedang marak. Banyak gerakan serupa Kelas Inspirasi ini yang digalakkan, seperti 1000 Guru, misalnya.

Awal saya mengikuti kegiatan ini berawal dari sebuah keisengan melalui beranda facebook. Ada saran dari facebook untuk mengikuti sebuah akun Kelas Inspirasi Bondowoso. Saya baru tahu sekaligus sedikit takjub bahwa kota kecil tempat kelahiran saya itu juga memiliki gerakan yang keren ini. Tidak lama, akun tersebut pun mengumumkan perekrutan relawan yang langsung saya isi formulirnya, tanpa perlu berpikir dua kali. Beberapa hari setelahnya saya terpilih menjadi relawan pengajar.

Di sinilah saya mulai bingung bukan kepalang. Oke, profesi saya adalah perawat dan saya sedang menjadi tenaga Sukarelawan PMI Kota Surabaya, tapi… Apa kiprah yang sudah saya lakukan untuk profesi saya sejauh ini? Track record saya dalam keprofesian sungguh buruk. Beberapa kali saya keluar-masuk tempat kerja dalam waktu singkat. Dan saat ini saya dalam keadaan baru resign setelah menjalani kontrak selama 1 tahun di salah satu Klinik Kecantikan di Surabaya. Rasa pede saya mulai terguncang saat itu dan merasa sama sekali tidak layak disebut pengajar. Maka, saya memutuskan untuk menunda mencari bahan materi terlebih dahulu sampai diadakannya Technical Meeting.

 Tidak disangka, dalam daftar relawan yang lolos terdapat nama adik kelas SMA saya, Eka C.U. Akhirnya saya mulai menghubunginya dan konsultasi singkat pun terjadi, karena ternyata dia berpengalaman menjadi relawan fotografer. Singkat cerita, saya hadir di Technical Meeting dengan dramatis. Ya, bagaimana tidak, saking semangatnya, saya tidak membaca SMS dari panitia dengan teliti. Di situ dituliskan bahwa pertemuan diadakan di SMK 3 namun saya datang dengan pedenya ke SMA 3 sampai bertanya pula kepada murid-murid di sana di manakah Kelas Inspirasi. Agak aneh juga, karena berkali-kali saya telpon panitia dia mengatakan masuk ke jalan yang berbelok ke kanan dari gerbang. Ajaibnya, di SMA 3 juga ada jalan yang seperti itu -.-” setelah agak kesal, saya baca lagi SMSnya: S-M-K 3. Fine, thanks.

Lanjut ke Technical Meeting. Acara ini berguna sekali untuk pemula seperti saya. Di sana selain diadakan perkenalan, panitia membeberkan secara transparan mengenai anggaran dana, rencana penginapan, dan transportasi. Di Kelas Inspirasi Bondowoso #2 kali ini, panitia memilih daerah Sempol. Di sana juga dijelaskan tips dan trik mengajar. Sedikit tercerahkan, saya kembali ke Surabaya untuk mencari bahan materi dan menyusun alat peraga. Saya memilih trik sederhana, yaitu melalui poster.

Berikut alat peraga saya: 

Lanjut ke hari H ya. Sebelumnya panitia sudah membagi keberangkatan para relawan. Ada yang berangkat pagi jam 06.00 – 07.00 dan 13.00. Ada yang membawa sepeda dan mobil. Kebetulan, saya semobil dengan Vio (panitia), Izra (relawan fotografer), Al (dosen HI di Jogjakarta yang kemudian kami tahu dia mantan presiden UMM), dan Eka C.U (arsitek di Surabaya). Nah, ada gangguan sedikit nih (tapi lumayan menguras emosi ya Vio… Wkwkwk).

119

Singkat cerita, Vio baru bisa berangkat jam 16.00 padahal saya saat itu sudah siap untuk berangkat. Maka, saya iyakan dan berangkatlah saya pukul 15.30 karena rumah saya jauh di desa. Ketiga ‘penumpang’ yang lain pun menghubungi saya dan mereka masih pada santai di rumah masing-masing. Lama sekali saya mengunggu kabar dari Vio tentang posisi keberadaannya, akhirnya saya memutuskan untuk mengajak ibu makan di sebuah restoran ayam cepat saji di dekat Gelora (Gedung Olah Raga), kabar pun tak kunjung datang. Hujan mulai turun dan emosi saya pun sedikit tersulut. Si Izra, menawarkan saya supaya datang ke Dinas Pariwisata (yang sekarang ternyata ada cafe-nya) supaya ibu saya bisa pulang, karena cuaca sudah mulai gelap. Saya pergi ke sana dan ibu saya menolak pulang. Sempat terpikirkan untuk pulang saja waktu itu, tapi memang sayang sekali dengan apa yang sudah saya persiapkan.

Kira-kira pukul 18.30 Vio datang dengan tergesa-gesa. Haha… Mulai kami menjemput ‘penumpang’ lainnya dan berangkatlah ke Sempol dengan lama perjalanan 2-3 jam.

 

One thought on “Kelas Inspirasi Bondowoso #2 Day 1

Leave a Reply

