Kata-kata Punya Cara Tersendiri dalam Membunuh Seseorang

Cara belajarku bukan seperti ini.

Ya, secara bertahun-tahun saya ditempa belajar di sekolah dan kuliah, ditemukan dengan bermacam-macam karakter guru. Ada yang penyabar, santai, sampai yang killer. Ajaibnya, untuk guru yang killer sekalipun saya bisa menerima bahkan kagum. Pernah suatu ketika, di saat teman-teman sekelas ketakutan hingga mempengaruhi nilai ujian mereka, justru saya sebaliknya. Nilai saya ‘outstanding’ untuk mata pelajaran guru saya yang killer itu. Semangat saya tinggi.

Dibandingkan dengan apa yang terjadi saat ini, semuanya berubah total. Saya ditemukan dengan ‘guru’ yang killer namun kenyataannya saya selalu terlihat bodoh. Saya pun sadar, ada perbedaan yang sangat mencolok.

Bahwa, sebenarnya letak metode pembelajaran tidak tergantung dari seberapa killernya sang guru. 
Bahwa keterbukaan untuk membagi ilmu, kerendahan hati untuk membuka kesempatan belajar akan memberi keleluasaan bagi sang murid untuk mempelajari sesuatu, bahkan dari kesalahannya.
Bahwa kesalahan sekalipun, merupakan sebuah pelajaran tersendiri.
Bahwa sebuah pujian dan kalimat koreksi akan lebih membekas di kepala dibandingkan cercaan yang justru membekasnya di hati. Seperti kalimat ‘kamu sudah baik di aspek ini tapi kamu kurang di aspek ini’ akan lebih bermakna ketimbang kalimat ‘kamu gimana sih, kamu tahu gak salahmu di mana? Kamu sudah belajar apa belum?’ Yang pada akhirnya membuat si pembelajar akan melakukan sesuatu berdasarkan rasa takut akan ditegur, bukan karena ingin benar.

Karena hal itulah, seorang pembelajar akan menutup kesempatannya dengan memasukkan paham ‘aku tidak bisa, aku bodoh’. Maka, seorang guru haruslah berhati-hati, sebuah kata-kata bisa membunuh seseorang dengan caranya sendiri. Tetaplah menebar kebaikan, seperti kata seorang sahabat: ‘dengan melakukan kebaikan, sebenarnya seseorang sedang  membuka dua pintu kebaikan lainnya. Sebaliknya, dengan melakukan keburukan, dia sedang menutup dua pintu kebaikannya’.

Leave a Reply

